PROFESI IT DAN PROFESIONALISME



    Assalamualaikum wr wb perkenalkan saya Thoriq Firdausi dari prodi Teknologi Informasi. Dalam pertemuan minggu ketiga pada mata kuliah Etika Profesi yang disampaikan oleh Ibu Katarina Leba S.Ag.,M.TH dan materi youtube yang disampaikan oleh Bapak Fahrobby Adnan S.Kom.,MMSI. Berikut hasil dari resume saya mengenai Profesi IT dan profesionalisme.

Profesi, Profesional, dan Profesionalisme

    Banyak dari kita yang masih bingung apa sih arti atau makna dari kata Profesi, Profesional dan Profesionalisme sering kali kita salah mengartikan atau kebalik dalam mengartikan ketiga kata tersebut. Dalam kesempatan ini izinkan saya menjelaskan apasih beda dari ketiga kata tersebut, dimulai dari Profesi, Profesional kemudian Profesionalisme.

    Profesi adalah panggilan atau sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif (George Reynolds, 2014).  Profesi juga bisa diartikan sebagai pekerjaan yang dalam melaksanakan tanggung jawabnya memerlukan skill tertentu, dimana keahlian tersebut diperoleh dari lembaga pendidikan atau instansi  yang dapat dipertanggung jawabkan. Contoh seorang profesi yaitu : Dokter, Insinyur, Guru, dsb. 

    Sedangkan profesional menurut The United States Code of Federal Regulations (The US CFR) mendefinisikan seorang "professional employee" adalah orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana :

  1. Membutuhkan pengetahuan yang advance di bidang sains yang biasanya diperoleh melalui kursus intelektual khusus dan pendidikan di intitusi pendidikan tinggi atau rumah sakit. 
  2. Mensyaratkan melaksanakan kebijakan atau aturan dan penilaian atas kinerjanya. 
  3. Didominasi karakter intelektual. 
    Profesionalisme sendiri bisa dikatakan suatu sikap yang harus dimiliki oleh seorang profesional atau bisa dibilang hasil dari kerja seorang profesional ya menghasilkan profesionalisme, biar lebih jelas lagi Menurut KBBI, Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Profesional juga bisa merupakan perpaduan antara keompetensi dan karakter yang menunjukan adanya tanggung jawab moral.

Apakah Pekerja IT itu profesional ??

    Menurut seorang ahli  "A professional is relating to a job that requires  special education, training, or skill". (Merriam-Webster)
  • Ketiga persyaratan diatas sangat dibutuhkan oleh IT Professional dalam  mengatasi program komputasi saat ini. 
  • IT profesional juga harus ditandai dengan penyesuaian terhadap etika standar dan dalam sebuah profesi.
  • Standar teknis bergerak maju di setiap industri, tetapi  industri IT mengalami peningkatan yang sangat signifikan.
  • Peningkatan teknologi yang sangat cepat menuntut IT profesional untuk selalu beradaptasi dan meng-upgrade keterampilan dan pengetahuan di bidang IT.
Dari pernyataan-pernyataan diatas bisa dikatakan bahwa seorang IT juga merupakan seorang profesional.

Sikap IT profesional 
  • Seorang IT profesional harus bersikap open minded  terhadap teknologi baru yang dibutuhkan perusahaan dan pasar. 
  • Membangun komunikasi dan hubungan baik di tempat kerja, baik dengan rekan kerja, atasan, klien, stakeholder, masyarakat.
  • Melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar, serta berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan IT.
  • Memahami berbagai standar etika profesional yang mengatur dan mengikat di masing-masing bidang profesi berdasarkan pada Body of Knowladge (BoK) atau aturan yang mengikat di masing masing organisasi tertentu.
  • Contoh standar kode etik profesi IT : IEEE Society, ACM, AIS, ATP, SANS, dll. 






Posting Komentar

0 Komentar